Rawon Bik Ati - Banyuwangi



Apakah Anda seorang penggemar makanan nasi rawon? Kalau jawabannya benar, maka ada baiknya jika Anda singgah ke RM Rawon Bik Ati. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani No. 83, Banyuwangi, kalau dari arah Ketapang menuju ke Banyuwangi kota, ikuti saja jalan ke arah Jember. Setelah sampai pada lampu merah selatan alun-alun lurus saja menuju Jl. Piere Tendean sampai bertemu lagi dengan lampu merah, lurus terus menuju Jl. K.H. Wahid Hasyim hingga bertemu lagi dengan lampu merah kemudian belok kiri menuju Jl. Ahmad Yani, rumah makannya berada di kiri jalan dengan sign board yang cukup besar.

Rumah makan Bik Ati ini cukup besar, mungkin bisa menampung lebih dari 50 pengunjung. Ada cukup banyak variasi nasi rawon yang tersedia, seperti nasi rawon biasa, empal, paru, limpa, babat, buntut, lauk campur dan masih ada beberapa variasi lainnya.

Seporsi nasi rawon disajikan dalam satu piring nasi putih bersama daging dan taoge. Kuahnya tidak terlalu gelap dengan potongan daun kucai yang cukup banyak. Rasa bumbunya cukup ringan dan dagingnya empuk, meskipun dipotongan agak besar-besar dan lemak yang menempel cukup banyak. Tapi untuk empalnya agak alot. rasanya tidak mengecewakan, tetapi butuh sedikit usaha lebih untuk menikmati nasi rawon empalnya.

Untuk seporsi nasi rawon, masing-masing dibandrol dengan harga 16ribu rupiah. Selain menyajikan nasi rawon yang bervariasi, rumah makan ini juga menyediakan  aneka menu lalapan special. Biasanya rumah makan ini mulai melayani para pengunjungnya mulai dari jam setengah 7 pagi sampai jam setengah 10 malam setiap hari. Hingga sekarang ini, RM Rawon Bik Ati sudah memiliki 2 cabang, masing-masing berada Jl. Embong Ploso 27 (Bambu Runcing belok kiri), timur PMI Surabaya dan Jl. Raya Situbondo (depan TELKOM Ketapang), Ketapang. Jadi, jika Anda sedang melintas Pulau Jawa-Bali atau sebaliknya, bisa juga menikmati nasi rawonnya yang ada di Ketapang (buka 24 jam) tanpa harus pergi jauh-jauh ke Banyuwangi terlebih dahulu.

Sumber gambar : instagram foodies jember

Penulis : Peter Santoso 8B/29